HWI

Anda ingin memiliki berat badan ideal? Dapatkan produk diet sehat dan aman hanya di WA atau Phone +6281274588731

Resensimu

Jumat, 19 Februari 2016

Sukses Ujian Nasional lewat buku latihan

Judul Buku : Erlangga Fokus UN 2016 IPS/IPA untuk SMA/MA
Penyusun : Tim Erlangga Fokus SMA
Penerbit : Erlangga
Tahun Terbit : 2016
Tebal : 468 halaman

“Orang yang lulus dalam ujian adalah orang yang sejak dini mempersiapkan dirinya,” itulah nasihat guru ketika saya masih duduk di bangku SMA.
Ucapan guru tersebut mungkin tidak banyak yang memperhatikannya, maklum biasanya ketika guru memberi nasihat, maka ucapannya seperti masuk dari kuping sebelah kanan dan keluar langsung dari sebelah kiri alias tidak membekas. Tetapi bagi pelajar yang memang punya keinginan kuat belajar, setiap nasihat guru tentu akan membekas di dalam dirinya. Jangankan nasihat guru nasihat orangtuanya juga selalu membekas dalam otaknya.

Pelajar-pelajar semacam ini, tentu pada saat mengikuti ujian ia tidak begitu takut atau risau, karena sejak awal ia sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian, terutama ujian akhir sekolah.

Maka tidak heran saat ini bermunculan bimbingan-bimbingan test, yang diharapkan memberi bimbingan kepada para siswa untuk bisa lulus dan mendapat nilai yang terbaik. Bimbingan test ini muncul mengingat di sekolah siswa terkesan tidak fokus terhadap mata pelajaran yang dipelajari atau boleh jadi cara mengajar para guru yang dinilai kurang dipahami siswa, sehingga siswa harus belajar lebih ekstra di bimbingan test yang ada.

Namun bagi siswa yang tidak mengikuti bimbingan test ia tidak perlu takut akan nilai ujiannya. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah belajar mandiri atau diskusi dengan teman. Untuk memudahkan belajar mandiri khususnya bagi para pelajar SMA/MA apakah itu jurusan IPA maupun IPS, penerbit Erlangga menerbitkan dua buku dengan judul yang sama yaitu Erlangga Fokus UN 2016. Namun satu buku berkenaan dengan jurusan IPS dan satu lagi jurusan IPA, jadi para pelajar bisa memilih diantara dua buku ini tergantung jurusannya masing-masing.

Untuk jurusan IPS buku ini akan membahas materi-materi latihan berisi mata pelajaran bahasa Indonesia, sosiologi, matematika, bahasa Inggris, geografi dan ekonomi. Sementara untuk jurusan IPA maka yang dibahas dalam buku tersebut berisi rangkuman materi soal tipe UN untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, biologi, matematika, bahasa Inggris, kimia dan fisika.

Buku yang berisi latihan-latihan ini, tentu tidak akan lengkap jika tidak dilampirkan dengan jawabannya. Namun sebelum menjawab latihan yang ada, diharapkan jangan sekali-kali langsung melihat jawabannya. Hal ini agar para pelajar bisa berpikir tentang jawaban yang harus ia jawab. Baru setelah semua terjawab, maka jawaban tersebut pada akhirnya akan dicocokkan dengan kunci jawaban yang ada. Lalu hitung berapa jawaban yang benar dan yang salah. 

Disarankan pada saat mengisi soal-soal tersebut dibuatlah semisal UN yang sesungguhnya. Buat waktunya dan lakukan yang harus dilakukan artinya, jawab dahulu soal yang mudah lalu berpindah ke yang sulit.

Buku yang tebal ini akan menarik bila dijadikan bahan kompetisi bagi para pelajar, sehingga cara belajar lewat buku ini semakin menarik. Jadi kenapa tidak membeli buku ini, agar kamu bisa sukses sesukses mereka yang memang sejak awal mempersiapkan dirinya untuk menghadapi UN di tahun ini. 

2 komentar:

  1. I found Some best SEO tools named Free SEO Tools and SEO Checklist Tools to do seo of website for free and helping me a lot

    BalasHapus
  2. I found Some best SEO tools named Free SEO Tools and SEO Checklist Tools to do seo of website for free and helping me a lot

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar Anda